2010/03/13

Ramen....


Bukan, saia ga bahas masalah ramen, cuma sharing aja karena ga sengaja nemu satu warung ramen yang bisa dibilang enak di Jogja. Tepatnya di Jl. Wahid Hasyim kalo ga salah (kl dr nologaten, terus ke utara nyebrang selokann mataram nyampe hampir ring road). Namanya sendiri Hikari Ramen (ini jg kl ga slh), warungnya sih kecil n tampak ga meyakinkan, ga kyk warung2 ramen lain yg ada di Jogja, mungkin saia juga ga akan tahu kalau di tempat itu jual ramen kalau ga ada neon bertuliskan 'Ramen' di depannya. Tempat ini memang katanya bukan tempat baru juga, sudah lumayan lama tapi baru aja masang neon petunjuknya itu, n kyknya jg memang ga pernah iklan ato ikut buka stand di j-fest kyk warung lain.

Sebenarnya, warung [ato restoran ya?] ini ga cuma menyediakan ramen sebagai menu utamanya, ada juga makanan Jepang lain macam Teriyaki, Tempura, n Katsu Don, dan katanya lagi menu di sini bakal ditambah lagi. Ramennya sendiri juga terdiri dr beberapa varian, antara lain Gyu Soyu Ramen, Katsu Ramen, Kaira Ramen, Kimuchi Ramen, n lain2 [lupa^^]. Dari segi harga bisa dibilang kalau harga ramen di warung ini lumayan mahal, sekitar 10k - 15k per porsi, dengan takaran satu porsinya hanya sebanyak satu porsi ramen di Nikkou Ramen yg kisaran harga per porsinya lebih murah. Tapi menurut saia sendiri, dan teman saia yg td makan ramen jg, harganya cukup masuk akal untuk ramen yang dari segi bumbunya lebih terasa daripada ramen2 di tempat lain. Yep, soyu maupun miso yang jadi kuah ramen benar2 terasa [setidaknya saya belum merasakan soyu yang seasin it di temapt lain] dan saia tidak merasa perlu menambahkan red pepper ke dlm ramen seperti yg biasa saia lakukan di warung ramen lain. Selain it, bahan pelengkap ramen seperti Katsu di Katsu Ramen n daging sapi di Gyu Soyu Ramen jg terasa enak di mulut saia [sempat nyesel knp ga beli yg Katsu Ramen aj].
Ok...enough with the ramen, lagian saia jg bkn wartawan kuliner, jd mgkn saia jg slh dlm memberikan penilaian. Sbenernya yg bikin saia sdikit senang dg warung ini adlh krn warung ini msh bs terbilang sepi pengunjung tp pny tempat yg sepertinya mampu menampung sebuah komunitas kecil. Yah, tiba2 saja saia dan teman saia td jd berpikiran utk menjadikan warung ini sbg tempat makan rutin sekaligus sbg tempat gathering komunitas kami.
Cukup sekian reportase dari saia, silakan anda coba sendiri bila penasaran, ato kalau anda merasa anggota sebuah komunitas bernama J-Topia, mgkn anda bs ikut makan rame2 stelah gathering [yg entah kpn] ato malah foodfight yg akan diadakan [kl jadi....]. Itadakimasuuuuu~~~~

2 komentar:

  1. yang soyu rasa ap aj sich?
    sea food pk soyu ato miso(d taman siswa)

    BalasHapus
  2. soyu? soyu it sndiri udh kyk perasa, ya rasanya macam kecap asin gt kl soyu...
    trus krg ngerti jg kl yg taman siswa, blm pernah nyobain soalnya

    BalasHapus