2011/01/29

Next Generation Portable

Finally...
Setelah dalam waktu lama Sony membuat orang penasaran dengan penerus dari PSP, pada tanggal 27 kemarin di sebuah private meeting Sony mengumumkan bahwa mereka telah mengembangkan sebuah Next Generation Portable. Yep, NGP adalah penerus dari PSP yang sepertinya akan menjadi sebuah kartu as baru bagi Sony dengan mengusung spesifikasi dan fitur yang bisa dibilang cukup fantastis.
Well, let's just take a look at the spec...
* CPU: ARM® Cortex™-A9 core (4 core)
* GPU: SGX543MP4+
* External Dimensions: Approx. 182.0 x 18.6 x 83.5mm (width x height x depth) (tentative, excludes largest projection)
* Rear touchpad: Multi touchpad (capacitive type)
* Cameras: Front camera, Rear camera
* Sound: Built-in stereo speakers, Built-in microphone
* Sensors: Six-axis motion sensing system (three-axis gyroscope, three-axis accelerometer), Three-axis electronic compass
* Location: Built-in GPS, Wi-Fi location service support
* Keys / Switches: PS button, Power button, Directional buttons (Up/Down/Right/Left), Action buttons (Triangle, Circle, Cross, Square), Shoulder buttons (Right/Left), Right stick, Left stick, START button, SELECT button, Volume buttons
* Wireless communications: Mobile network connectivity (3G), IEEE 802.11b/g/n (n = 1x1)(Wi-Fi) (Infrastructure mode/Ad-hoc mode), Bluetooth® 2.1+EDR (A2DP/AVRCP/HSP)
Benar - benar spesifikasi yang tidak main - main, bahkan bisa dibilang NGP adalah gadget dengan spesifikasi tertinggi dibanding gaming handheld, smart phone, maupun tablet yang ada saat ini. Bahkan fitur yang ada pun menyerupai fitur yang ada di smart phone dan tablet masa kini.

Namun, dibalik spesifikasi dan fitur yang wah tersebut, NGP menyisakan problem yang membuat orang bertanya - tanya dan bahkan akan berpikir ulang untuk membeli mesin ini saat dirilis nanti. Beberapa masalah tersebut antara lain :
1. Daya tahan baterai selama 4-5 jam
Ok...4-5 jam merupakan angka yang lebih besar daripada daya tahan 3DS, tapi 4-5 jam terasa kurang lama untuk sebuah mobile gadget...
2. No change of battery to prevent piracy
Seriously Sony...what are you thinking? okay, i agree that piracy is not good, but you guys don't need to go that far. Ga ada penggantian baterai merupakan hal yang sungguh disayangkan. Bagaimana jadinya kalau NGP kita daya tahan baterainya melemah? apakah kami harus membuang NGP lama kami dan membeli yang baru? sungguh teknik meraih keuntungan yang menyedihkan jika itu yang ada di pikiran Sony. Lagipula piracy masih dapat terjadi tanpa harus membongkar baterai dan menggunakan baterai yang termodifikasi. Tapi kalau Sony tetap mempertahankan tidak adanya penggantian baterai ini semoga mereka setidaknya berbaik hati menyediakan service purna jual yang juga dapat menangani masalah daya tahan baterai yang melemah.
3. Size
Karena membenamkan spesifikasi yang sebegitu besarnya maka ukuran dari NGP juga terbilang besar, hampir menyamai ipad, dan ini kurang nyaman untuk dibawa - bawa.
4.3G Connectivity
You're making a portable game machine Sony...not mobile phone. Lagipula ini juga tampaknya hanya berguna untuk GPS dan Near [fitur menemukan NGP lain yang dekat dengan anda]. Lagipula lagi...layanan ini tidak gratis, masih adakah gamer yang akan membeli NGP jika dia diharuskan membayar lagi perbulannya? semoga saja 3G Connectivity ini bisa dimatikan atau diaktifkan sesuai kehendak pemilik, selain bisa menghemat biaya bisa juga untuk menghemat sedikit daya baterai.
5.Price
Dengan spesifikasi yang begitu tinggi berapakah harga NGP? Sony sih bilang kalau harganya ga akan lebih mahal dari PS3. Dan kalau ingin bersaing dengan 3DS yang dihargai $300 maka harga paling masuk akal adalah di antara $300-$400. Di atas itu NGP tidak akan banyak terjual.
Yah...dengan adanya beberapa masalah tadi saia pun jadi berpikir kembali dan akan banyak mempertimbangkan apakah akan membeli NGP ini saat dirilis nanti, dan tentunya bukan cuma saia, banyak gamer juga akan melakukan hal yang sama. Bagaimanapun juga ini belum final dan Sony masih mempunyai banyak waktu untuk berpikir ulang dan [semoga] memperbaiki masalah - masalah tersebut untuk kebaikan mereka sendiri dan konsumennya....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar